Senin, 16 September 2019

Melayani Konsumen


Melayani Pelanggan dengan Baik
Pelanggan adalah raja. Melayani seorangpelanggan secara baik dan sopan adalah suatu keharusan agar pelanggan merasa puas dan menjadi pelanggan setia. Keterampilan dasar pelayanan terhadap pelanggan dapat diterapkan dalam beberapa strategi pelayanan. Berikut cara melayanipelanggan dengan baik, diantaranya :
1.    Pusatkan perhatian kepada pelanggan
§  Mendengarkan dengan penuh perhatian;
§  Perhatikan sikap tubuh anda;
§  Menatap pelanggan pada saat berbicara dan tersenyum ramah;
§  Perhatikan ekspresi wajah anda, dan selalu menampilkan senyum;
§  Menanggapi pembicaraan pelanggan apabila mengharapkan tanggapan anda;
§  Perhatikan nada bicara anda, jangan terlalu rendah (kurang percaya diri) ataupun terlalu tinggi (kesal, marah dan emosi);
2.    Memberikan pelayanan yang efisien
§  Melayani pelanggan berikutnya segera jika pelanggan pertama telah selesai;
§  Pergunakan waktu sebaik mungkin;
§  Berbicara seperlunya kepada pelanggan;
§  Merencanakan selanjutnya apa yang akan dilakukan;
§  Menjawab pertanyaan pelanggan secara singkat, tepat, dan sopan.
3.    Meningkatkan perasaan harga diri pelanggan
§  Mengenali kehadiran pelanggan dengan segera;
§  Selalu menggunakan nama pelanggan sesering mungkin;
§  Memuji dengan tulus pada pelanggan;
§  Memperlakukan pelanggan sebagai orang dewasa.
4.    Membina hubungan baik dengan pelanggan
§ Mendengarkan apa yang disampaikan oleh pelanggan tanpa memotong pembicaraan;
§  Menunjukkan simpati dan berbicara dengan penuh perasaan;
§  Mempersilakan pelanggan menanggapi dan berusaha menyelesaikan masalahnya.
5.    Dapat menentukan apa keinginan pelanggan
§  Menanyakan kepada pelanggan;
§  Mengulangi kembali apa keinginan pelanggan.

Saya berharap artikel ini bermanfaat untuk siapa saja yang membacanya.
Semoga menjadi orang yang sukses dalam bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar